Jumat, 20 Januari 2017

Berwisata ke Malaysia (Kuala Lumpur)

WISHES COME TRUE
Ketika kaki ini menginjak tanah negeri jiran malaysia, tidak menyangka bahwa ini adalah salah satu impian yang akhirnya terwujud. Cita-cita yang sudah terkubur lapuk beberapa tahun lamanya. Jujur, this is first time ke luar negeri sejak menuliskannya dalam Whislist semasa awal kuliah dulu (tahun 2008).




Dengan perencanaan yang matang, berangkatlah kami ke Malaysia pada tanggal 14 Agustus 2016. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk pergi ke negeri jiran. Diantaranya:

1. Pesan tiket pesawat
Pesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan agar dapat tiket murah. Kalau mau murah, pakai Air*s*a. Jangan yang lain. Pesan langsung tiket pulang pergi. Jangan lupa beli bagasi. Karena untuk ke kuala lumpur tidak disediakan bagasi tambahan. Hanya ada bagasi kabin, yaitu hanya 7 kg saja. Mana cukup kan? Pengalaman kami Untuk penambahan bagasi 20kg hanya 145ribu saja.

2. Pesan hotel
Kemudian, jangan lupa pesan hotel. Pesan hotel juga jauh hari sebelum berangkat, karena bisa-bisa gak dapat hotel murah di tempat strategis. Hotel gak perlu yang berbintang 5. Karena pada saat disana hotel itu hanya digunakan untuk istirahat, tidur, mandi dan meletakan barang, selebihnya seharian waktu digunakan untuk jelajahi kota Kuala Lumpur. Saat itu kami pesan hotel yang standar. Hotel bintang 2 dengan hargan yang pas di kantong, sekitar 200ribuan saja per malam. Kami menginap di kawasan Bukit Bintang, kawasan yang menjadi pusat keramaian di Kuala Lumpur. Kami sengaja mencari kawasan ramai agar mudah mendapatkan transportasi umum, mudah mencari makanan dan tidak jauh pula dari menara andalannya Kuala Lumpur, yaitu Twin Towers Petronas. Ada banyak hotel murah di kawasan Bukit Bintang. Tinggal cek aja di situs resmi pesanan hotel online.


3. Peta (Map) dan Transportasi
Yang tak kalah pentingg adalah PETA. Jika bepergian ala backpacker atau tanpa guide, wajib punya peta. Ada beberapa jenis peta yang harus dipelajari untuk bisa menjelajahi semua sudut kota kuala lumpur. Yang pertama, ketika sampai kuala lumpur, harus beli provider/ kartu yang bisa digunakan untuk internetan di kuala lumpur, gunanya untuk mengakses google map. Ini sangat penting sekali, agar mempermudah langkah menuju hotel pada saat pertama kali tiba di kota kuala lumpur. Yang kedua adalah peta jalur transportasi umum. Ada banyak jenis transportasi umum di kuala lumpur ini. dari yang berbayar sampai yang gratisan. Transportasinya berupa Bus, LRT, Monorel, komuter, taksi. Kalau ingin hemat, jangan pernah sesekali bepergian menaiki taksi, bisa tekor, mahal (kecuali darurat atau terpaksa). Untuk setiap jenis transportasi mempunyai jalur masing-masing. Untuk peta laluannya atau rute nya bisa di cari di google. Kemudian jangan lupa di print peta rutenya. Dan pelajari alur peta nya.


4. Tukar mata uang
Sebelum berangkat, jangan lupa ke money changer. Tukarlah ke money changer yang ada di sekitar tempat tinggal. Jangan tukar dibandara.mahal.

5. Info tambahan
Jangan lupa bawa colokan listrik yang kakinya 3. Karena di kuala lumpur colokan listriknya berlubang 3, beda seperti di Indonesia berlubang 2.

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE KOTA KUALA LUMPUR
Ketika sampai di bandara KLIA, baiknya menuju kuala lumpur mengunakan bus saja. Paling murah, hanya 11 ringgit saja. Tapi kalau memang terburu-buru, ada juga kereta cepatnya, tetapi agak mahal, sekitar 55 ringgit. Ketika sampai bandara KLIA, tidak perlu bingung. Petunjuk yang ada ada di bandara sangat jelas sekali. Jika ingin naik bus, kereta ekspress ataupun taksi, arah petunjuknya jelas. Jadi kita tidak bingung mencari tempat stasiun transportasi darat di bandara tersebut. Kalau bingung, bisa tanya petugas atau security. Ada banyak security tersebar di bandara. Kalau gak bisa bahasa inggris, security nya bisa bahasa melayu, mengerti juga bahasa indonesia.




BIAYA MAKAN DI KUALA LUMPUR
Kalau untuk makan masih standar juga, kalau mau hemat, jangan makan di restoran besar, makan saja di food court khas melayu. Pengalaman kami, untuk makan paling murah 5 ringgit. Paling murah ayam penyet atau pecel lele hanya 5 ringgit saja. Untuk nasi lemak dan nasi campur, harganya variasi, tergantung lauk yang di ambil. Untuk makannya  seperti prasmanan, lauk kita ambil sendiri. Kalau pakai telur hanya 5 ringgit saja, pakai ayam atau ikan bisa kena 6-7,5 ringgit.  Kalau di rupiah kan berkisar 15ribu- 20ribuan sekali makan. Ada sebenarnya lebih murah lagi. Tapi bukan nasi, cukup mengenyangkan juga. Makanan ini khas india yaitu roti cane. Roti cane khas india ini enak sekali, apalagi rasa kari nya yang khas. Harga nya cukup murah yaitu hanya 1,5 ringgit saja kalau di rupiah kan hampir 5ribu rupiah. Ada juga jenis roti canenya yang agak tebal disebut juga Na’an harganya 3 ringgit. Kalau makan Na’an ini bisa untuk berdua, soalnya gede banget martabaknya. Minuman juga harganya bervariasi. Untuk air mineral 1,5 liter harganya 1,8-2,5 ringgit tergantung merk. Minuman yang sering kami beli adalah es teh manis (orang malay bilang : ais tii ow) harganya 1.8 ringgit. Es Teh tarik (orang malay sebut: ais tii) harganya 2,3 ringgit.



WISATA DI KOTA KUALA LUMPUR
Ada banyak sekali tempat wisata yang indah di KL ini, yang tentunya gratis. Yang kami kunjungi ini semua nya gratis (kalau kata orang malaysia, ‘wisata percuma’). Mungkin ini sangat cocok untuk menghemat budget selama di KL, biar budgetnya bisa dipakai untuk beli buah tangan saja.

>> Tempat yang kami kunjungi selama di sana, cek DI SINI dan DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next previous home